18 Maret 2012

Review Ponsel Android Keluarga Google Nexus


Keluarga ponsel Google Nexus — Siapa yang tidak kenal "Google", raksasa internet yang merambah dunia ponsel dengan OS Android nya yang kini sangat populer dan dipakai oleh berbagai pabrikan / vendor ponsel smartphone, mulai dari brand kelas dunia seperti Sony, Samsung, LG dll sampai brand-brand lokal yang sekarang banyak muncul (ponsel china) hampir semuanya sudah pernah mengeluarkan produk smartphone dengan OS Android milik Google.
Dibalik banyaknya ponsel-ponsel Android yang ditelurkan vendor ponsel di pasaran, ada juga beberapa ponsel khusus yang dikeluarkan vendor dengan kerjasama khusus bersama Google, atau bisa kita sebut keluarga ponsel Google Nexus. Kelebihannya dari ponsel Android lainnya adalah menjadi ponsel pertama yang mendapatkan setiap versi terbaru dari OS Android dan dipastikannya dukungan Upgrade ke versi Android terbaru (tentu tergantung dari kemampuan Hardware juga).
Lalu apa saja ponsel yang tergabung dalam jajaran keluarga Google Nexus ? Mari simak sedikit review pada artikel berikut ini :

     1. HTC Google Nexus One
HTC Google Nexus One

HTC Google Nexus One adalah yang pertama, ponsel turunan asli Google yang bekerjasama dengan HTC ini dirilis sekitar bulan Januari 2010 dan disebut-sebut sebagai pembunuh iPhone pada saat itu. Untuk urusan hardwarenya Google membesut prosesor Qualcomm Snapdragon berkecapatan 1 Ghz dengan memori 512 MB. Coba bandingkan dengan prosesor Iphone 3GS, yang hanya berkecepatan 600 Mhz dan memori yang hanya 256 MB. Ditambah kamera beresolusi 5 megapiksel, layar kapasitif OLED 3,7 inci dengan resolusi 480x800. Memory internalnya berukuran 4GB. Versi Android yang digunakan adalah versi 2.1 Eclair dan sekarang mendukung untuk upgrade ke versi 2.3.6 Gingerbread.
Spesifikasi lengkapnya lihat di sini .

     2. Samsung Google Nexus S
Samsung Google Nexus S

Kali ini, seri ke-dua keluarga Google Nexus datang dengan kerjasama bersama pabrikan asal Korea "Samsung", Dinamakan "Samsung Google Nexus S" identik dengan seri ponsel Android Samsung yang sedang populer saat itu "Samsung Galaxy S". Diluncurkan pada Desember 2010, ponsel ini dibekali dengan Android 2.3 Gingerbread. Hardwarenya terdiri dari layar Super AMOLED berukruan 4 inci berteknologi kapasitif multitouch dengan kedalaman 16 juta warna beresolusi 480 x 800 piksel dengan permukaan layar anti gores berteknologi Oleophobic, disokong prosesor ARM Cortex A8 sebesar 1GHz dan RAM sebesar 512MB, kamera beresolusi 5 megapikseldan memory internal sebesar 16GB. Penjualan Samsung Google Nexus S ternyata mampu mengalahkan catatan penjualan HTC Google Nexus One.
Spesifikasi lengkapnya lihat di sini .

     3. Samsung Galaxy Nexus
Samsung Galaxy Nexus

Ini adalah seri ke-tiga dan terakhir untuk saat ini. Lagi-lagi Google mempercayakan Samsung untuk bersama-sama membuat ponsel selanjutnya untuk keluarga Google Nexus. Samsung Galaxy Nexus diumumkan pada bulan Oktober 2011 dengan Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich. Menjadi ponsel Android pertama yang memakai OS 4.0 ICS, tentunya ponsel ini sangat menyita perhatian para pengguna smartphone khususnya Android. Desainnya hampir sama dengan Samsung Google Galaxy S sebelumnya, hanya berbeda pada hilangnya tombol sentuh kapasitif dibawah layar, karena OS ICS tersebut tidak memerlukan tombol fisik. Pada bagian layar, disematkan teknologi Super Amoled HD beresolusi HD 720p (1280x720 piksel), user interface nya tampil fresh ditambah fitur baru "Face Unlock" untuk membuka kunci ponsel menggunakan foto wajah. Kameranya sebesar 5 megapiksel dengan kemampuan perekaman video full HD 1080p. Sudah mensupport teknologi 4G untuk beberapa negara. Memiliki memory internal 16GB tanpa dukungan slot memory eksternal. Dapur pacu berkekuatan dual-core 1.2 GHz Cortex-A9 dan baterai 1750mAh.
Spesifikasi lengkapnya lihat di sini .

     4. ?????? 

Belum diketahui seperti apa dan dengan vendor apa Google akan mengeluarkan generasi selanjutnya untuk keluarga Google Nexus. Kemungkinannya adalah bersama Motorola, LG, ataupun bersama Samsung & HTC. Kita tunggu saja berita selanjutnya.

Terimakasih telah membaca dan mampir pada artikel blog saya ini.
Silahkan berikan komentar anda.

Share yuk:

banner
Next Post
Previous Post

Yuk rajin membaca dan terus mencari tahu hal baru!

0 komentar:

Komentar, Saran dan Kritik kamu dibutuhkan dalam perkembangan Blog ini.
Jika kamu tidak memiliki akun / tidak terdaftar, silahkan berkomentar pada Tab Komentar di sisi kanan atas halaman.