4 Januari 2013

Cara Untuk Tidur Dengan Baik

Cara tidur dengan baik tidur nyenyak tips

Hal yang Diperhatikan Ketika Ingin Tidur — Tidur adalah kebutuhan penting bagi manusia untuk mengistirahatkan tubuhnya dan menjaga kesehatannya. Keinginan terhadap tidur bukan hanya karena faktor lelahnya tubuh tapi juga karena kebiasaan pola hidup. Setelah tidur, tubuh pun akan terasa segar kembali, namun bagaimana jika tidak ? Kadang setelah tidur, kondisi tubuh tidak kembali ke keadaan segar, bahkan justru merasa pegal. 
Apa yang salah ? Bisa jadi kondisi ruangan dan posisimu saat tidur menjadi penyebabnya. Coba lihat tips dibawah ini, saya harap bisa membantu menyelesaikan masalah tidurmu.



1. Perhatikan perutmu
Jangan biarkan perutmu penuh dengan makanan, tapi perut kosong juga tidak baik. Makanlah 3 (tiga) jam sebelum waktu tidurmu, karena pada saat tidur proses pencernaan akan melambat. Sama halnya jika tidur dalam keadaan perut kosong, tidurmu tidak akan nyenyak dan bisa saja terbangun tengah malam karena kelaparan. Selain makanan, minum terlalu banyak sebelum tidur juga bisa mengganggu kualitas tidurmu, minumlah secukupnya (misal 1 gelas air) dan pastikan kamu sudah minum setidaknya 2 liter air dalam satu hari.


2.Atur pencahayaan ruang tidur
Mulai redupkan cahaya lampu paling tidak satu jam sebelum kamu pergi tidur. Walau malam hari, tubuh kita tidak bisa membedakan antara cahaya buatan (lampu) dengan cahaya matahari, jadi mengurangi cahaya adalah cara untuk memberitahu tubuh bahwa waktu untuk tidur sudah dekat. Saat tubuh mengetahui kalau sekarang adalah saatnya untuk tidur, tubuh akan mulai memproduksi hormon yang akan membantu kita cepat tertidur dan menjaga agar kita tetap tertidur dengan lelap.



3. Tidur dengan badan miring
Dalam posisi miring, hindari untuk memiringkan badan ke kiri, karena akan membebani jantungmu padahal jantungmu saat itu masih bekerja untuk memompa darah, apalagi dalam jangka panjang, bisa berbahaya. Sebaiknya memiringkan badan ke arah kanan, lalu kaki agak ditekuk mendekati perut, posisi ini bisa mempermudah pernafasan. Jangan lupa gunakan bantal di bawah kepala, juga bantal kecil di bawah kaki jika merasa perlu.


4. Tidur telentang
Kalau kamu memiliki sakit pinggang, posisi ini sangat tepat untukmu. Sebaliknya jangan tidur dengan posisi tengkurap (posisi terburuk) karena akan menghambat pernapasan, membebani organ dalam di tubuhmu.


Beberapa tips di atas bisa kamu praktekkan sebelum tidur supaya tidurmu lebih nyenyak dan berkualitas.



Share yuk:

banner
Next Post
Previous Post

Yuk rajin membaca dan terus mencari tahu hal baru!

0 komentar:

Komentar, Saran dan Kritik kamu dibutuhkan dalam perkembangan Blog ini.
Jika kamu tidak memiliki akun / tidak terdaftar, silahkan berkomentar pada Tab Komentar di sisi kanan atas halaman.