6 Agustus 2016

Mudahnya Perpanjang STNK di Gerai Samsat Gandaria City

Bayar Perpanjang Pajak STNK Motor Mobil Gerai Samsat Gandaria City 2016

Gerai Samsat Gandaria City — Lama sekali tidak menulis di blog ini, sekarang saya ingin berbagi pengalaman mengenai proses membayar pajak STNK motor yang saya lakukan beberapa hari lalu di Gerai Samsat Gandaria City Jakarta Selatan. Saya memilih Gancit/Gancy karena tidak jauh dari rumah dan saya menduga kalau tempatnya nyaman untuk mengantri (mengingat lokasi adalah Mall). Langsung saja yuk simak prosesnya.

Berhubung ini adalah kali pertama saya dalam mengurus sendiri pajak STNK, saya banyak mencari sumber-sumber pengalaman orang lain di internet. Khususnya saya harus memastikan keberadaan Gerai Samsat ini apakah masih ada atau tidak dan di mana lokasinya. Setelah saya rasa informasi sudah cukup kuat, barulah saya putuskan untuk mengeksekusi si pajak STNK ini.

Saya pergi ke Gandaria City menggunakan motor dan parkir di dalam gedung. Waktu itu saya sampai di sana pukul 11.30, langsung parkir di lantai paling bawah (kalau tidak salah ada 3 lantai parkir), lalu masuk gedung melalui jalur pejalan kaki yang disediakan dari area parkir. Nah, lokasi Gerai Samsat ini berada di lantai 1 (satu) jadi harus naik 3 lantai, sedangkan pilihan untuk naik lantai bisa menggunakan lift dan juga bisa menggunakan eskalator. Begitu sampai di lantai 1, akan langsung terlihat papan petunjuk yang mengarahkan ke lokasi Gerai Samsat.  Kalau kamu datang dari loby Mall, kamu harus masuk menembus area penjualan Informa di lantai 1, dan kalau masih bingung bisa tanya ke Pak Security.

Ternyata lokasi Gerainya sangat mudah ditemukan. Dekat dari lift maupun eskalator. Tapi karena saya datang siang maka tidak heran sudah ada banyak orang yang menunggu dan mengantri. Lalu juga waktunya sudah mepet dengan jam istirahat si Gerai, jadi saya hanya bisa mengambil formulir pembayaran pajaknya saja, untuk menyerahkannya kembali dan membayar pajak, saya harus menunggu sampai Gerai selesai istirahat pada pukul 1 siang.

Bagi yang muslim, bisa menggunakan Mushola di lantai UG untuk beribadah, Musholanya bersih, cukup luas dan nyaman. Kalau untuk kamu yang lapar, bisa berbelok sedikit ke ruangan di sebelah ruang Samsat yaitu area pujasera, harga makanan/minumannya tidak terlalu mahal tapi tidak bisa dibilang murah, namanya juga Mall, tapi pilihan kedainya ada banyak dan tempatnya luas. Saya kemarin mencoba makan ketoprak di sana, harganya Rp15.000,- dan air mineral botol Rp5.000,-. 

Berikut saya lampirkan keterangan waktu pelayanan Gerai. Saya lupa foto sendiri, jadi saya sertakan gambar dari internet:
Bayar Perpanjang Pajak STNK Motor Mobil Gerai Samsat Gandaria City 2016
Sumber Gambar: kaskus.co.id

Setelah waktu menunjukkan tapat jam 1 siang, saya sudah berada di depan pintu Gerai untuk mengantri masuk guna menyerahkan formulir yang sudah saya isi beserta lampirannya. Setelah itu saya harus menunggu di luar ruangan, sekitar 15-20 menit akhirnya nama saya dipanggil untuk melakukan proses terakhir yaitu membayar Pajak STNK. Akhirnya selesai juga, sebenarnya cepat prosesnya, asalkan waktu datangnya juga tepat.

Berikut ini saya tuliskan rincian proses dan persyaratan Pembayaran Pajak Tahunan STNK di Gerai Samsat Gandaria City:

Persyaratan dokumen:
  1. BPKB Asli + 1 lembar Fotocopy dari bagian "Identitas Kendaraan" & "Dokumen Persyaratan Registrasi Pertama".
  2. STNK Asli + 1 lembar Fotocopy.
  3. KTP Asli + 1 lembar Fotocopy.
  4. Uang tunai tentunya, sesuai dengan jumlah pajak yang tercantum pada lembar STNK.
*Nama di KTP harus sama dengan Nama di STNK dan BPKB, jadi kalau ingin mewakilkan pengurusan STNK orang lain, wajib dibawa juga KTP asli milik orang tersebut.
*Jumlah pajak yang dibayarkan bisa dilihat di kolom PKB & SWDKLLJ di STNK.
*Untuk yang belum fotocopy dokumen, di Gerai Samsat tersedia layanan fotocopy.

Proses:
  1. Mengambil formulir pembayaran pajak di loket STNK (sebelah kiri).
  2. Isi formulir dan lengkapi dengan lampiran dokumen yang disyaratkan.
  3. Serahkan kembali formulir & dokumen yang sudah lengkap dengan menaruhnya di kotak formulir yang ada di loket STNK.
  4. Menunggu namanya untuk dipanggil sekitar 15-20 menit/lebih (menunggu di luar ruangan).
  5. Saat nama dipanggil, datang kembali ke loket STNK dan melakukan pembayaran Pajak.
  6. Petugas akan menyerahkan kembali STNK, BPKB, dan KTP milik kamu.
  7. Jangan lupa dicek kembali, jaga-jaga kalau ada dokumen kita yang tertukar dengan milik orang lain.
  8. Selesai.
Saran & Info tambahan:
  1. Datanglah di hari kerja (kalau sempat).
  2. Meskipun hari kerja, datanglah pagi hari untuk menghindari antrian panjang.
  3. Fotocopylah persyaratan dokumen di dekat rumah / sebelum datang ke Gerai Samsat, supaya lebih menghemat waktu.
  4. Jangan hanya bawa uang pas, jaga-jaga kalau harus fotocopy, harus beli makanan saat ngantri, dan biaya tak terduga yang mungkin datang.
  5. Gerai Samsat cukup sederhana. Begitu masuk ruangan, di kanan pintu ada layanan fotocopy. Loket SIM ada di sebelah kanan, dan loket STNK ada di sebelah kiri.
  6. Petunjuk mengisi formulir SIM dan STNK ada di luar ruangan.
  7. Gerai Samsat bisa menangani SIM & STNK luar daerah yang sudah mendukung sistem online.
  8. Gerai pajak (kalau tidak salah) hanya melayani pembayaran pajak 1 tahunan, untuk pajak 5 tahunan harus datang ke Samsat Pusat.
Bayar Perpanjang Pajak STNK Motor Mobil Gerai Samsat Gandaria City 2016
Sumber Gambar 1: Link.

Bayar Perpanjang Pajak STNK Motor Mobil Gerai Samsat Gandaria City 2016
Sumber Gambar 2: Link

Demikian cerita pengalaman saya tentang bagaimana membayar pajak STNK motor di Gerai Samsat Gandaria City. Semoga bisa membatu teman-teman yang sedang membutuhkan informasi.

Share yuk:

banner
Next Post
Previous Post

Yuk rajin membaca dan terus mencari tahu hal baru!

0 komentar:

Komentar, Saran dan Kritik kamu dibutuhkan dalam perkembangan Blog ini.
Jika kamu tidak memiliki akun / tidak terdaftar, silahkan berkomentar pada Tab Komentar di sisi kanan atas halaman.